LINQ, Satu untuk Semua

16 Agustus 0 Comments A+ a-


Sekilas tentang LINQ!

Hey, kalian sudah pernah dengar LINQ sebelumnya? Kenalan dulu yuk lewat diagram dibawah ini sedikit overview tentang LINQ.

Lebih teknis lagi, mari kita lihat Arsitekturnya



Dalam gambar diatas terlihat jelas bahwa pada bagian paling atas LINQ mengintegrasikan dirinya dengan bahasa pemrograman .Net yaitu C# dan Visual Basic. Kemudian dibawahnya terdapat bagian provider, bagian ini adalah bagian yang mengizinkan LINQ untuk melakukan pengaksesan terhadap format data yang berbeda-beda. LINQ mengizinkan kita untuk membuat sebuah provider lainnya, sehingga misalnya kita ingin membuat sebuah provider yang menjembatani LINQ untuk melakukan pengaksesan terhadap file sistem hal tersebut dapat kita lakukan.

Hmmm, jadi apa sih untungnya belajar LINQ ?

Di dunia pemrograman saat ini umumnya para developer dituntut menguasai skill yang berbeda-beda untuk setiap media penyimpanan data, seperti ketika sedang berurusan dengan basis data tentunya developer perlu memiliki kemampuan SQL yang mumpuni dan di lain waktu ketika harus berurusan dengan XML developer pun harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara pengaksesan XML yang tentunya sangat berbeda dengan basis data. Disini lah letak keunggulan LINQ, LINQ hadir untuk menseragamkan cara pengaksesan data tersebut, jadi cukup mempelajari satu bisa untuk semua. 

LINQ, Satu untuk Semua...

Bisa dipakai kemana aja sih si LINQ? Nah selain kita diperkenankan untuk membuat provider sendiri, inilah 3 buah API dari provider sudah ada yaitu : 

>>LINQ to Object, merupakan sekumpulan API yang mengandung sejumlah standard query operators (SQO) untuk mengambil data dari sembarang objek yang mengimplementasikan interface IEnumerable<T>. Query ini digunakan terhadap data yang ada dalam memori.

>>LINQ to ADO.NET, Merupakan API yang memberikan kemampuan SQO untuk dapat bekerja terhadap basis data Relational. Ada 3 sub bagian dalam LINQ to ADO .NET yaitu LINQ to SQL untuk melakukan query terhadap database relasional seperti Microsoft SQL Server, LINQ to Dataset untuk melakukan query terhadap data sets dan data tables yang ada pada ADO .NET dan terakhir LINQ to Entities yang merupakan solusi dari Microsoft ORM yang memungkinkan pengembang perangkat lunak menggunakan Entities secara deklaratif dalam menspesifikasikan struktur dari objek bisnis dan menggunakan LINQ untuk melakukan query terhadapnya

>>LINQ to XML, Merupakan API yang memberikan kemampuan SQO (Standard Query Operator) untuk bekerja terhadap XML termasuk didalamnya kemampuan untuk membuat sebuah XML document. Merasa tertarik dengan LINQ dan segala fitur yang ditawarkannya? Mari kita mulai perjalanan kita mengarungi dunia LINQ yang sangat menarik dan akan membawa kita ke sebuah dunia pengaksesan data yang baru ini.