SAP career as aa..baper yaa (ABAPer)

19 Maret 0 Comments A+ a-

          Haahaha... mari kita awali postingan kali ini dengan tertawa riang, karena entah kenapa akhir-akhir ini suka banyak istilah yang memper sama baper, seperti artikel sebelumnya yang berjudul Dapper (bukan Baper). Sekarang kita mau bahas tentang sesuatu yang berhubungan dengan SAP sang raksasa ERP software.




          Seperti biasanya akan ada kilas balik cerita yang mendasari ditulisnya artikel kali ini yaitu ketika datang sebuah email yang memberitahukan bahwa kantor bekerja sama dengan vendor sebelah akan mengadakan training overview mengenai SAP dan ABAP dengan topik yang akan dibahas sebagai berikut : 

  1. Sesi sharing terkait Intro to SAP Environment secara high level dan detail overview nya 
  2. Sharing terkait interfacing (integration) dan konfigurasi dengan system lainnya 
  3. Pengenalan ABAP Programmming di dalam SAP
          Kenapa ikutan daftar di acara kantor kali ini? ya biar dikata anak rajin gitu.. haha engga ding, aslinya karna denger-denger SAP consultant itu renumerasinya #ehem *ini apasih alasan ga ada yang bener. Ya udah lah ya yang jelas singkat cerita joinlah saya di event Overview SAP dan ABAP.

          Hari pertama isinya presentasi, sharing dan tanya jawab seputar materi diatas, namun sejujurnya hal-hal yang bersifat technical cuman numpang lewat dari kuping kanan ke kuping kiri, eh non-teknisnya nih yang malah mangkal, ckckck paraah. Penasaran kan sharing apaan yang bikin baper? yuk cus kita bahas

          Jadi inilah beberapa pertanyaan menggelitik yang masih keinget dan ditujukan kepada sang trainer yang ternyata adalah seorang ABAPer, dari para peserta training yang ternyata juga baper *yey aku tak sendiri
nomor 1 : Gimana caranya memasuki dunia SAP?
bisa lewat training, mulai sebagai user, atau langsung nyemplung di perusahaan yang buka loker SAP
nomor 2 : Jadi konsultan SAP bisa dapet sampe berapa?
ini pertanyaan paling greget tapi trainernya ga mau jawab, hehe.. googling sendiri kali yee
nomor 3 : Apa saja karir yang tersedia dengan SAP?
secara umum terbagi menjadi 3 yaitu Basis, Functional, dan ABAPer
  • Basis, bisa disebut sebagai system administrator. Basis kerjaannya setting-setting kayak buat user, bikin roles, ngatur security, ngatur scheduling, set up parameter, set up system dan kerjaan administrasi lainnya
  • Functional, biasanya dihuni oleh orang dengan latar belakang HRD (untuk modul HR), orang berlatar belakang keuangan (untuk modul FICO), orang teknik (untuk modul PP, PM) tapi tidak menutup kemungkinan untuk orang-orang diluar bidang ilmu tersebut. Functional berhubungan dengan design dan flow bisnis proses dari sebuah ERP
  • ABAPer, SAP punya bahasa pemrograman tersendiri yang disebut ABAP, jadi ABAPer adalah orang-orang yang baper haha enggak ding.. You can call them programmernya SAP lah. Posisi ini isinya orang-orang berlatar belakang programming untuk bikin report/custom sistem. Yup, ini adalah karir yang paling menyita perhatian pada hari itu, para peserta mencerna dengan serius dan seksama. Iyelah secara ini event isinya orang teknis semua :))

          Ok, last but not least I will share about my first impression as a coder about ABAP, dia itu mirip-mirip bahasa SQL kaya PL/SQL nya oracle. Apa gara-gara awalnya memang sebagai bahasa untuk reporting ga tau juga sih, kalo pengen liat contoh syntaxnya coba aja googling. Sayangnya saya gagal mendapat kesempatan buat nyobain langsung itu barang karna di hari kedua ada praktek coding tapi ga bisa dateng ke kantor. Jadi gimana, ada yang berminat memulai karir dalam dunia per-SAP-an? Monggo silahkan dicoba, sapa tau jodoh *cieeee..  Sekian sharing dari saya, semoga ga bikin baper yaa :D