HackerRank : tempat nongkrong baru

12 September 0 Comments A+ a-

          Kalo ada yang pernah denger atau coba codility.com, nah hackerrank.com ini juga adalah salah satu recruitment platform yang biasanya digunakan perusahaan untuk melakukan online test bagi para candidatnya khususon untuk para programmer. Penggunaannya di Indonesia sendiri yang saya tau sudah ada beberapa perusahaan yang memakainya dan banyak juga perusahaan luar atau yang biasa mencari untuk remote worker. Tipe test yang ditawarkan beragam, mulai dari soal pilihan ala-ala test sertifikasi sampai dengan praktek coding. Penasaran kan kayak apaa..

          Kira-kira beginilah penampakan environment dari hackerank untuk test online coding, supaya kalian yang mungkin akan menemuinya suatu saat nanti bisa lebih familiar, jangan sampai waktu terbuang karna bingung gimana cara pakenya hehehe. Klik disini buat langsung nyobain ya..



          Disebelah atas ada timer yang sedang berjalan dan progress pengerjaan, disebelah kiri ada soal penjelasan serta output yang diharapkan dan disebelah kanan ada pilihan bahasa pemrograman yang mungkin untuk beberapa test sudah ditentukan harus coding pake bahasa apa. Kita juga akan diberikan text editor mirip notepad yang ga ada autocorrect debugging dan semacamnya, yang bisa diedit hanya bagian berwarna putih sedangkan yang warna abu-abu itu ga bisa diganti. Dibagian bawah ada 2 button, button Run Code ini buat testing apakah coding kita lolos dengan semua testcase yang mereka siapkan, kalau sudah yakin baru kita klik Submit code & Continue untuk menuju soal berikutnya. Hasil test akan langsung tergenerate setelah selesai, namun apakah pengumumannya langsung disampaikan ke kita atau tidak ya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

          Tapi ternyata HackerRank juga punya kegunaan lebih dari itu, untuk programmer atau siapapun yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam memecahkan masalah yang diberikan, melalui HackerRank kita dapat mengukur kemampuan berlogika, pemahaman algoritma dan pemrograman kita dengan mengikuti challenge atau contest yang diadakan. Disini juga ada banyak tutorial yang bisa kita praktekkan on-site, jadi udah ga usah ribet-ribet lagi siapin environment untuk sekedar belajar. Nah lumayan kan ada tempat baru untuk santai sore sambil ngopi-ngopi cantik yang ga harus ngabisin duit tapi bisa banget buat skill dan pengetahuan kalian semakin terasah #HappyCoding  :)