Ketemu Flip di UI Startup Festival

03 November 0 Comments A+ a-

          Weekend, awal bulan abis gajian enaknya jalan-jalan ye ga? hehehe.. Jadi hari sabtu agendanya mau ke gandaria city meetup sama temen sekalian ngurusin akun flip. Yap, beberapa waktu yg lalu startup besutan anak UI ini sempat dibekukan. But finally flip sudah mendapatkan lisensi dari BI, namun BI mengharuskan flip untuk mengetahui dengan baik profil penggunanya dengan cara melakukan proses verifikasi secara tatap muka, jadinya kita belum bisa transaksi kalo belum verifikasi. yaa rada ribet emang, namun demi transaksi yang aman, legalitas serta manfaat lainnya patut untuk diperjuangkan lah..

          Diluar ekpektasi ternyata prosesnya cepet (banget), setelah janjian di Gancit langsung nyamperin ke boothnya mereka yg merupakan salah satu peserta acara UI Startup Festival hari itu, kemudian disana dijelasin bahwa flip harus melakukan verifikasi tatap muka dengan langsung mengambil gambar kartu identitas kita dan memastikan bahwa identitasnya asli serta fotonya sama dengan orangnya. Selesai ktp difoto akun flip kita udah langsung bisa aktif gaes, tapi aku baru nyobain besokannya dihari senin, and thats actually my first time using flip. Mau tau kek gimana? nah sekarang aku bakal sharing ke kalian semua..

1. Flip itu apaan sih? 
Flip (https://flip.id/) adalah aplikasi untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya. Yap itu dia highlightnya, aku ga akan jelasin panjang lebar tentang ini, jadi untuk lebih lengkapnya gimana cara kerjanya bisa kalian lihat disini. Tutorial cara pakenya ada disini. Dan kalau masih ada pertanyaan lain bisa juga lihat diwebsite mereka disini.

2. Kenapa harus pake Flip?



          Hwooo, aku baru sadar kalo rata-rata pengeluaran sebulan hanya untuk transfer antar bank aja segede itu, mayan kan buat jajan tahu bulat wkwk. Thanks Flip! So far, cukup sangat membantu dalam program penghematan haha.. diluar keterbatasannya tentang waktu transfer (flip punya jam kerja, jadi kalo lagi mau buru-buru transfer diluar itu, akan diproses pada hari dan jam kerja berikutnya) dan limit jumlah transfer yang hanya 5jt sehari, sebenernya cukuplah buat transfer kecil-kecilan tapi kalo buat cuci uang? #eh :3 wkwkwk

3. Aman ga sih pake Flip?
          Yap, berhubungan dengan uang pastinya berhubungan dengan keamanan. Ini yang biasanya bikin ketar-ketir kaan. Tapi tenang gaes flip gaperna kok minta password/token segala macem. Mereka cuma minta no rekening, jumlah transfer, dan berita sama seperti kalo kita mau transfer kaya biasanya. Jadi ga perlu khawatir yaa

          Ok sekian sharing kali ini semoga bisa bermanfaat, silahkan langsung daftar aja biar sama-sama bisa cobain seru dan hematnya pake Flip. Nah buat kalian yang juga tertarik untuk tau lebih banyak tentang Fintech stay tune yaa.. next time aku bakal review tentang apps lainnya :)