Investing? just a click away

10 Februari 0 Comments A+ a-


      Memenuhi janji buat nulis artikel tentang fintech lagi, (Baca: Flip, transfer tanpa biaya) nah kali ini aku akan bahas tentang investasi. Eits, jangan kabur dulu anak-anak muda, hari gini investasi bukan lagi cuma urusan bapak-bapak loh anak gaul masa kini juga harus dong melek investasi. Apalagi investasi jaman sekarang udah makin mudah aja, istilahnya cuman modal klik doang kalian udah bisa menjadi seorang investor guys, ya tentunya modal lain musti ada duitnya hehehe ga harus gede bahkan dengan modal seratus ribupun kalian udah bisa belajar investasi, syariah lagi. Ga percaya? kuy lah langsung aja kita bahas tentang investasi online syariah.

1. Deposito Online
      Fasilitas deposito online sudah dimiliki beberapa bank nasional di Indonesia, tapi untuk yang syariah baru ada di CIMB (setahuku sih). Yaps imho, CIMB adalah bank yang cukup sangat keren dari segi kemajuan technology yang ditawarkan dibandingkan bank lain di Indonesia, salah satunya yaini Deposito Syariah Online. Cara bikinnya pertama kalian harus punya rekening cimb, repot dong musti ke bank segala? Kaga lah, mereka itu uda punya yang namanya digital lounge dan di tempat ini kalian bisa melakukan urusan perbankan dengan lebih cepat, gaperlu ngisi form sebendel cuman buat buka rekening, selain itu dia buka di mall-mall dan gedung perkantoran serta jam bukanya dari 10 pagi sampe 9 malem bahkan weekend juga buka woow daebak! Jadi bye-bye lah itu musti ijin dateng telat ato pulang awal gegara ribet ngurusin beginian. Udahan nih bikin rekening, ebanking, mbanking, rekening ponsel, dkk yang ga sampe sejam itu, tinggal login di ebanking dan pilih time deposit sharia/deposito berjangka syariah. masukkan nilai yg mau diinvestasikan, pilih jangka waktunya (1,3,6,12 bulan), pilih cabang bank dimana pengen naroh itu duit, dan hualla jadi deh..
     Kelebihan :
      - Rekening syariah bebas biaya bulanan dengan saldo minimal 100rb
      - Buka deposito kapanpun dimanapun bisa lewat online
      - Bebas ribet, no antri, no ngisi form seabrek 
      - Gaada biaya materai/biaya tambahan lain seperti jika kita bikin deposito di bank
      - Semua data tersaji secara online dan bisa dipantau realtime
     Kekurangan :
      - Minimal invest 8jt (bsm cuman 2jt) tapi dari segi return so far cimb emang better 
      - Ga bisa dicairin sebelum jatuh tempo, kalo deposito biasa bisa meskipun kena penalty fee
      - Ga ada fasilitas ARO, jadi pas jatuh tempo ga bisa otomatis kedeposit lagi
      - Ga dapet bilyet, jadi kurang berasa kalo punya deposito haha
      - Ga dapet souvenir cantik seperti kalo bikin deposito di bank wkwkwk

2. Reksadana Online
      Sekarang sudah banyak yang menawarkan fasilitas reksadana online, semacam klikmami.com punya manulife cuman ya yg dijual produk mereka doang. Selain itu ada supermarket reksadana atau biasa disebut marketplace seperti bareksa.com. Nah yang bakal aku review kali ini adalah ipotfund.com salah satu marketplace reksadana online yang mengklaim dirinya sebagai yang terlengkap.
      Ipotfund memiliki pilihan account Reksadana Syariah Online dengan berbagai macam pilihan reksadana syariah yang cukup lengkap, ada reksadana saham, pendapatan tetap dan juga campuran dari berbagai manager investasi. Selain tampilannya yang user friendly featurenya juga ciamik, mulai dari kelengkapan informasi reksadana, kemudahan transaksi jual beli yang tinggal klak-klik doang, dan feature compare antar reksadana, serta grafik pergerakan harga yang update setiap harinya. Modalnya berapa? cepek doangan udah bisa langsung action bro..
      Disini ga perlu repot, buka rekening bisa daftar via online kemudian dokumennya diprint tandatangan lalu dikirim deh, bahkan untuk wilayah jabodetabek ada fasilitas jemput dokumen secara free, waktu dan tempat bebas kita tentuin mau kapan aja, mau dirumah, dikantor, dipasar bisa diatur. 1-2 minggu kemudian rekening dana nasabah (bca syariah) sudah jadi dan udah bisa dipake buat transaksi. Kalian juga bakal dapet yang namanya AKSes KSEI, yaitu sebuah kartu kunci sebagai tanda bahwa kalian telah terdaftar sebagai investor di bursa efek indonesia, nih penampakannya :  

      Jadi gimana? udah nemu yang aman (registered and supervised by ojk), nyaman (tinggal klak klik), terjangkau (modal cepek) masi mau nunda-nunda buat belajar investasi? coba dipikir lagii... Next article insyaAllah akan dibahas tentang investasi sektor rill yang juga memanfaatkan FinTech, penasaran ga apa bedanya investasi rill dengan investasi yang dibahas diatas? dan gimana jadinya kalo sektor rill menggunakan IT dalam pengaplikasiannya? stay tune ya..